10 Terowongan Terpanjang di Dunia

10 terowongan terpanjang di dunia
      Beberapa ahli teknik sipil mendefinisikan terowongan sebagai sebuah tembusan di bawah permukaan yang memiliki panjang minimal 0.1 mil, dan yang lebih pendek dari itu lebih pantas disebut underpass.
Untuk menunjang sarana transportasi di sebuah negara Terowongan sebagai alternatif untuk menyediakan beberapa ruang yang tersedia untuk lalu lintas mobil , kereta api, air dan limbah,bahkan kekuasaan dan jalur komunikasi,yang kelak juga menunjang perekonomian di negara tersebut.Sudah mulai dari ribuan tahun yang lalu,seni membuat terowongan di mulai,hingga sekarang terowongan-terowongan yang sangat panjang saat ini. Dan ini 10 Terowongan terpanjang di Dunia:

1. Metro Madrid L-7
    madrid-spanyol
metro L7 madrid-10 terowongan terpanjang di dunia
     Terowongan ini mempunyai tipe metro-rapid transit,Di bangun mulai tahun 1974 sampai dengan tahun 2007 dan di oprasikan pada tahun 1974 menghubungkan Pueblo Nuevo dan Las Musas.dan tahun-tahun berikutnya terowongan ini di perpanjang lagi hingga mencapai rute dari Pueblo Nuevo ke Avenida de America.memiliki 7 line dan melayani sembilan kereta api bawah tanah dari Las Musas ke San Fernando. Panjang Terowongan ini sendiri sekitar 32,919 meter.  

2. Lotschberg BaseTunnel.
    Bernese Alps, Switzerland
Lotschberg BaseTunnel.      Bernese Alps, Switzerland
       Dengan Panjang: 34,577 meter, sebelum Gotthard Base Tunnel selesai dibangun,Terowongan ini adalah yang terpanjang di Swiss.tapi tetap masih yang terpanjang untuk Terowongan di atas tanah.terowongan ini mempunyai tipe Railway (rel kereta).di bangunan pada tahun 2007.

3. Medvedkovo - Novoyasenevskaya
    Moskow, Rusia
Medvedkovo - Novoyasenevskaya      Moskow, Rusia
         Dengan mempunyai Panjang: 37,600 meter,pembangunan,pembangunan terowongan ini memakan waktu 32 tahun,antara tahun 1958 sampai tahun1990. Menempatkan Terowongan tertua kedua di dunia sekaligus terowongan kereta cepat (rapid transit)terpanjang kedua dunia. Sampai saat ini,dan memiliki 25 stasiun.

4. Tocho-mae-Shiodome - Hikarigaoka
    Tokyo, Jepang
Tocho-mae-Shiodome - Hikarigaoka       Tokyo, Jepang
        Terowongan bawah tanah ini melayani jalur subway di Ibukota Jepang. Dan saat ini sudah berusia 10 tahun, Toei Oedo Line hari ini melayani 38 stasiun dari Tochomae hinggake Hikarigaoka. Memerlukan waktu hampir 9 tahun untuk menyeleseikan terowongan ini,dari dari tahun 1991 sampai tahun 2000.jembatan dengan tipe metro ini Memiliki Panjang sekitar 40,700 meter.

5. Metro Madrid L-12 (metro sur)
    Madrid, Spanyol.
Metro Madrid L-12 (metro sur)      Madrid, Spanyol.
       Jembatan tipe metro ini mempunyai Panjang sekitar 40,900 meter,hanya memerlukan waktu 4 tahun untuk pembangunan terowongan yang panjang ini,di bangunan dari tahun1999 sampai pada tahun 2003.Line-12 menghubungkan lima kota pinggiran dan satu desa kecil di bagian selatan Madrid. Melewati 28 stasiun, Metro Sur (sebutan untuk Line-12).

6. Altufyevo - Bulvar Dmitriya Donskogo(Line-9)
 Moskow, Metro,Rusia
       Terowongan ini adalah yang terpanjang di Rusia,menangani 25 stasiun di Moskow,memiliki Panjang 41,500 meter. Terowongan yang memiliki tipe rapid transit ini hampir menghabiskan 14tahun pembangunannya,rentang waktu tahun 1983 sampai tahun 2002.sejak dibuka pada tahun 1983 Terowongan ini terus melakukan pengembangan hingga tahun 2002.

7. Seoul Subway Line-5
    Seoul, Korea Selatan
Seoul Subway Line-5     Seoul, Korea Selatan
      Terowongan ini memiliki tipe metro line5 dengan Panjang sekitar 47,600 meter.di bangun pada tahun 1995.yang unik dari terowongan ini adalah penumpang akan merasakan sensasi rute dari Banghwa sampai Sangil-dong tanpa sinar matahari selama perjalanan dan juga akan melewati bawah sungai Han yang legendaris.

8. Channel Tunnel
    Inggris – Prancis
       Terowongan Channel adalah sebuah terowongan rel sepanjang 50,5-km di bawah Selat Inggris (tepatnya di Selat Dover) yang menghubungkan Cheriton, Kent , di selatan Britania Raya, dan Coquelles, Calais di utara Perancis .Proyek berbiaya besar ini awalnya dimulai dengan beberapa kesalahan, dan akhirnya selesai dibangun pada 1994 .Channel merupakan terowongan rel terpanjang ketiga di dunia setelah Terowongan Seikan di Jepang gotthard swis. Terowongan ini dioperasikan oleh Eurotunnel plc.Terowongan ini adalah yang terpopuler di dunia,ada banyak predikat untuk terowongan yang satu ini. Selain terowongan bawah air terpanjang di dunia, Channel Tunnel juga layak disebut terowongan internasional terpanjang.

9. Seikan Tunnel
    Tsugaru Strait Jepang
       Sementara ini, Seikan,Jembatan yang memiliki panjang 53,850 meter ini masih menjadi terowongan terpanjang di dunia (setelah Gotthard Base Swiss yang saat ini belum di operasikan).Sama halnya dengan Channel, terowongan ini juga dibangun di bawah air laut.Terowongan ini melayani melayani rute dari Honshu hingga ke Hokkaido. Di balik kemegahannya, Seikan memakan 34 korban tewas dalam pembangunannya yang disebabkan sulitnya kondisi geologi di bawah Tsugaru Strait.di bangun tahun 1988.

10. Terowongan Gotthard Base
      Alps, Switzerland
     Terowongan terpanjang yang memiliki jarak 57,104 meter ini rencananya Baru dijadwalkan beroperasi pada tahun 2017. Gotthard Base yang memiliki tipe Railway dan di bangun dari tahun 1996-2010 ini akan melayani rute Erstfeld hingga ke Bodio dengan kereta api.Belum di ketahui ada berapa stasiun yang akan dilaluinya. Namun dipastikan kereta di terowongan ini berkecepatan 250 km/jam.dan menjadi yang terpanjang di Dunia.

Artikel terkait
 10 tempat tinggi yang mendebarkan
 10 Jembatan Tertinggi di Dunia

3 comments:

Anonymous said...

indonesia kpn pny kaya gitu? ngimpi,. makanya dukung jokowi dengan deep tunel ini langkah permulaan setelah itu bikin yg lebih fantastis,.

SaliNgIndonesia said...

Kayaknya terowongan selat sunda nantinya seperti ini..skg sudah sampai mana ya..

Farysha said...

pnjgnya trwg2tu...