10 Gedung Tertinggi di Dunia

      Jika berbicara ketinggian gedung. banyak sekali perdebatan dan kebingungan dari berbagai kalangan dalam menentukan kriteria dan definisinya.
Karena bangunan-bangunan tinggi yang di bangun oleh manusia kebanyakan dari struktur menara broadcast radio atau televisi,yang raata-rata memiliki ketinggian sekitar 600 meter.
Adapun Hal-hal yang diperdebatkan adalah:
- Apakah struktur yang disanggah guy-wire dapat di hitung ketinggiannya?
- Apakah menghitung ketinggian hanya tempat yang dapat ditinggali?
- Apakah antena di atas-atap dapat dihitung?
- Apakah struktur yang berada di bawah air juga dihitung ketinggiannya?
Tetapi di balik perdebatan itu,di sini Khabuka hanya akan menulis daftar tertinggi dari bangunan yang berupa Gedung sesuai dengan judul di atas,dan mungkin itu termasuk dengan segala apa yang ada di atapnya.
Dan berikut Daftar 10 gedung tertinggi di dunia :

1. Burj Khalifa
    Lokasi : Dubai, Uni Emirat Arab
    Di bangun tahun : 2004
    Dibuka tahun : 4 -1-2010
    Ketinggian : 828 m
    Lantai teratas 6.213 m
    Jumlah lantai : 160 lantai
Pada saat pembukaannya Burj Khalifa menjadi Gedung tertinggi dari bangunan apapun yang ada di dunia. Dan juga pada saat pembangunannya Burj Khalifa  terus melewati bangunan-bangunan tertinggi lainnya, di antaranya :
Menggeser atau melewati posisi Taipei 101 sebagai Gedung tertinggi di dunia pada 21 Juli 2007. Pada waktu yang sama juga melewati ketinggian CN Tower sebagai struktur bebas (tanpa penyangga)tertinggi di dunia dan pada tanggal 7 April 2008 struktur tertinggi di dunia dari Menara KVLY-TV yang berada di Blanchard, North Dakota, Amerika Serikat berhasil dilewati. Menara Radio Warsawa 645,4 m (2.120 kaki) dibuat pada 1974 (namun runtuh pada saat renovasi pada 1991) berhasil dilewati pada 1 September 2008. Rekor lain dari Menara ini adalah mempunyai lift tercepat dengan kecepatan 60 km/jam atau 16.7 m/s. Dan bangunan dengan paling banyak lantai yaitu160 lantai.

 2. Abraj Al-Bait
     Tinggi : 601 m
     Lokasi : Mekah,Saudi Arabia
     Jumlah lantai : 120 lantai
    Tahun pembuatan : 2004-2012
    Dibuka tahun : 2012
 Abraj Al-Bait Tower atau dikenal juga dengan nama Mecca Royal Hotel Clock Tower. Hal menarik dari menara ini adalah letaknya yang berada dekat di selatan pintu masuk Masjidil Haram.
Terdapat tujuh menara dengan satu menara yang dinamakan Hotel Tower memiliki ketinggian di atas 6 menara lainnya(tinggi 601m) yang diperkhususkan untuk apartemen, Hotel Tower dijadikan hotel berbintang tujuh. Bangunan dibawah tujuh menara ini di isi dengan 5 lantai pusat perbelanjaan, ruang konferensi, dan fasilitas-fasilitas yang lain (termasuk ruang beribadah yang sanggup menampung hingga 10.000 orang)Konstruksi Abraj Al Bait ini dimulai pada tahun 2004 yang lalu, dan secara bertahap-tahap ketujuh menara ini diselesaikan dan yang paling terakhir selesai dari tujuh menara ini adalah menara Maqam.(Bisnis perhotelan yang semakin lama menjadi berkembang di kota ini juga tak terlepas dari banyaknya jamaah haji, oleh karena itu Menara Abraj Al Bait ini juga dirancang untuk mampu menampung sampai dengan 100.000 orang).

3. Taipei 101
    Tinggi : 509 m
    Lokasi : Taipei, Taiwan
    Jumlah lantai : 101
    Pembukaan tahun : 31-12-2004
 Dalam banyak aspek, gedung ini adalah salah satu pencakar langit yang paling maju yang pernah dibuat Manusia sampai sekarang. memiliki keunggulan yaitu fiber optik dan hubungan internet satelit yang dapat mencapai kecepatan 1 gigabyte per detik. Dua lift tercepat telah di sediakan oleh Toshiba yang mencapai kecepatan maksimum 1.010 m/min (63km/jam atau 39 mil/jam) berati mampu membawa pengunjung dari lantai dasar ke lantai 89 dalam waktu 39 detik. Sebuah pendulum seberat 800 ton dipasang di lantai 88,menstabilkan menara ini terhadap goyangan yang timbul dari gempa bumi,angin topan maupun gaya geser dari angin.

 4. Shanghai World Financial Center
     Lokasi : Pudong , Shanghai , Cina
     Di bangun tahun : 1997- 2008
     Dibuka : 28 Agustus 2009
    Tinggi : 494,3 m
     Lantai teratas : 474,0 m
    Jumlah lantai : 101
 Fitur yang paling khas dari desain bangunan ini adalah aperture trapesium di puncak. Desain asli yang ditetapkan aperture yang melingkar, berdiameter 46m, untuk mengurangi tekanan dari tekanan angin, serta berfungsi sebagai subteks untuk desain, karena "mitologi Cina merupakan bumi dengan sebuah persegi dan langit dengan lingkaran ". Namun desain awal ini mulai menghadapi protes dari beberapa orang Cina, termasuk walikota Shanghai, Chen Liangyu, yang menganggap terlalu mirip dengan matahari terbit desain bendera Jepang . Pedersen kemudian mengusulkan bahwa jembatan ditempatkan di bagian bawah aperture untuk membuatnya kurang melingkar. Pada tanggal 18 Oktober 2005.dan yang lebih unik jika di perhatikan bangunan ini menyerupai raksasa pembuka botol.

5.International Commerece Centre
   Tinggi :  484 m
   Lokasi :  West Kowloon , Hong Kong
   Dibangun tahun : 2005-2010
   Dibuka tahun : 2011
   Jumlah lantai : 108
 ICC Tower Ini adalah bagian dari Union Square proyek dibangun di atas Kowloon Station. Pembangunan ini dimiliki dan dikembangkan oleh MTR Corporation Limited dan Sun Hung Kai Properties. Saat ini ICC merupakan Gedung tertinggi kelima di dunia dengan tinggi badan, kedua bangunan tertinggi di dunia dengan jumlah lantai, serta menjadi bangunan tertinggi di Hong Kong .
Nama pembangunan formal adalah Union Square Phase 7 dan nama ICC secara resmi diumumkan pada tahun 2005.

6. Menara Kembar Petronas
    Tinggi : 451,9 m
    Lokasi : Kuala Lumpur, Malaysia
    Dibangun tahun : 1992-1998
    Dibuka tahun :1988
    Jumlah lantai : 88 lantai
Menara Petronas adalah dua buah pencakar langit kembar di Kuala Lumpur, Malaysia yang sempat menjadi gedung tertinggi di dunia dilihat dari tinggi pintu masuk utama ke bagian struktur paling tinggi.
Menara ini dirancang oleh Adamson Associates Architects, Kanada bersama dengan Cesar Pelli dari Cesar Pelli of Cesar Pelli & Associates Architects Amerika serikat,dengan desain Interior yang merefleksikan budaya Islam yang mengakar di Malaysia. Pada 17 Oktober 2003, Taipei 101 mengambil rekor menara kembar ini.Tetapi Menara Kembar Petronas tetap memegang gelar menara kembar tertinggi di dunia.

7. Zifeng Tower
   Lokasi : Nanjing, China
   Tinggi : 450 m
   Selesai dibangun tahun : 2009
   Dibuka tahun :2009
   Jumlah lantai : 89
 Zifeng Tower alias Greenland Pusat-Zifeng Tower atau Menara Greenland Persegi Zifeng, terdiri dari ruang ritel dan kantor di bagian bawah, dan restoran, hotel, dan sebuah observatorium publik dekat bagian atas.

 8. Willis Tower
    Lokasi :  Chicago, AS
   Tinggi : 442 m
   Dibangun tahun : 1997- 1973
   Jumlah lantai : 108
  Menara Willis yang sebelumnya bernama Sears Tower Pada saat penyelesaian pada tahun 1973, itu adalah bangunan tertinggi di dunia, melebihi World Trade Center menara di New York, dan memegang jabatan ini selama hampir 25 tahun. Menara Willis adalah bangunan tertinggi di Amerika Serikat dan ketujuh tertinggi struktur berdiri bebas di dunia . Gedung pencakar langit ini adalah salah satu tujuan wisata paling populer di Chicago, dan lebih dari satu juta orang mengunjungi 'dek observasi' setiap tahun.
Meskipun Sears ' hak pengelolaan berakhir pada tahun 2003, gedung itupun masih disebut Sears Tower selama beberapa tahun. Pada Maret 2009, London berbasis broker asuransi Willis Group Holdings setuju untuk menyewakan sebagian bangunan, dan memperoleh hak penamaan bangunan.Dan pada tanggal 16 Juli 2009, bangunan itu secara resmi berganti nama menjadi Willis Tower.

9. Jin Mao Building 
   Lokasi :  Shanghai, China
   Tinggi : 420,5m
   Dibuka tahun : 28 Agustus 1998 
   Jumlah lantai : 88

Jin Mao Tower Ini berisi kantor-kantor dan Shanghai Grand Hyatt Hotel . Sampai tahun 2007 ini menjadi bangunan tertinggi di RRC, yang tertinggi kelima di dunia dengan ketinggian atap dan tertinggi ketujuh dengan puncak ketinggian.Dan JMT bersebelahan dengan Shanghai World Financial Center.

10. Two International Finance Centre 
      Lokasi : Hong Kong
      Tinggi : 415 m
      Dubangun tahun :  1997- 2003
      Dibuka tahun : 2003
      Jumlah lantai : 88
  International Finance Centre adalah sebuah pengembangan komersial terpadu di tepi Hong Kong Distrik Pusat. Tower IFC juga menjadi bangunan tertinggi kedua di Hong Kong, di belakang International Commerece Centre di Kowloon Barat.Juga bangunan tertinggi keempat di wilayah Cina Daratan dan kedelapan gedung perkantoran tertinggi di dunia berdasarkan ketinggian struktural,dengan tinggi atap, hanya Taipei 101 , Shanghai World Financial Center , Willis Tower ,International Commerece Centre dan Burj Khalifa melebihi itu. Ketinggian IFC mirip dengan  World Trade Center yang telah runtuh.

Sumber : en.wikipedia.org

Terkait
10-struktur-tertinggi-di-dunia
10 Jembatan Terpanjang di Dunia
10 Jembatan Tertinggi di Dunia
10 Rute Kereta Api paling Berbahaya
10 Tempat Misterius di Dunia
10 Tempat Unik di Dunia
10 Terowongan Terpanjang di Dunia
10 keajaiban dunia Kuno

156 comments:

Unknown said...

mantap gan ijin kopas serta link nya

elhaq said...

mantap gan ijin kopas serta link nya

khabuka said...

silahkan gan

ISTANA kerajinan kaca said...

Butuh KERAJINAN KACA, kerajinan dari kaca, kerajinan, kerajinan kaca bekas, kerajinan kaca malang, kerajinan kaca bali vandel, miniatur, trophy, sauvenir, kado nikah, lampu hias, lampu hotel dan miniatur dari bahan kaca

UNIK, ANEH. Pertama di dunia www.jualkerajinankaca.wordpress.com

KERAJINAN KACA terima satuan atau banyak,
buat d jual lagi juga boleh

mulai 25rb-jutaan (miniatur)

call my please 24/H nonstop -0857 303 20200

Unknown said...

mantap gan. ijin copas ya

shark10 said...

gan . . ijin kopas serta linknya . .

D'britau Terus Tau said...

ijin sedod gun

oyo sukarya said...

Bagus banget gedung pencakar langit,ijin ya mau copy paste..boleh

Unknown said...

halo sobat blogger, gue udah follow blog ini. jgn lupa mampir dan follow

http://kanginanjaya.blogspot.com/

Tedy Supriyadi said...

wah pada keren-keren ya bangunannya ,,indoneisa mana gak termasuk :(

Unknown said...

gan w minta ijin kopas ya ...

Unknown said...

Pinjam gambarx ya tuk life demo tutorial gallery photo diblog.

Unknown said...

Pinjam gambarx ya tuk life demo tutorial gallery photo diblog.

Unknown said...

Ijin copas+link bro

Unknown said...

Pinjam Artikelnya ea om..
Ntar aq blikin koq..??
Hahahaha....


#Becanda::

pengobtan asam urat said...

luar biasa ...

Anonymous said...

excited

obat jantung koroner said...

nice ...

obat jantung koroner said...

terimakasih informasinya ..

obat jantung koroner said...

terimakasih gan informasinya .....

obat jantung koroner said...

nice post ...

obat tradisional kanker payudara said...

niec post ...

Unknown said...

kiraa2 ada gak ya,,, yg nak bangun lebih tinggi lg,,,

obat jantung koroner said...

terimakasih informasinya sangat bermanfaat isi didalam website ini mudah dipahami ...

Anonymous said...

Next Indonesia yah...project gedung tertingginya tomy winata di scbd rencananya sejumlah 111 lantai kira2 jadi ga yah...

Anonymous said...

http://finance.detik.com/read/2013/02/01/130826/2158571/1016/proyek-gedung-tertinggi-milik-tomy-winata-masuk-tahap-uji-tanah-di-scbd?f9911023

obat stroke said...

nice post ..

obat stroke said...

terimakasih informasinya ................

Ersan said...

makasih infonya gan, ijin copas+link-nya ya...

mengobati asam urat said...

terimakasih informasinya ...

pengobatan asam urat said...

informasi ini sangat bermanfaat semoga bermanfaat juga bagi yang lainnya ..

mengobati stroke said...


Terimakasih informasinya ..
ini sangat bermanfaat untuk saya ...

mengobati stroke said...

Terimakasih informasinya ...
ini sangat bermanfaat untuk saya ...

mengobati asam urat said...

Ini sangat Manarik terimakaih telah berbagi informasi kepada kami .

gamat jelly said...

terimakasih informasinya ...
ini sangat berguna bagi saya ...

mengobati kanker serviks said...

terimakasih informasinya ...
ini sangat berguna bagi saya ...

penyakit asam urat said...

nice post ...
ini sangat menarik untuk saya ....

penyakit asam urat said...

nice post ...
ini sangat menarik untuk saya ....

agen jelly gamat said...

nice post ...
ini sangat menarik untuk saya ....

jual gamat emas said...

terimakasih informasinya sangat menarik......
saya sangat terbantu dengan adanya berita ini ....

mengobati maag kronis said...


terimakasih informasinya sangat menarik......
saya sangat terbantu dengan adanya berita ini ....

gamat jelly said...

terimakasih ini sangat membantu saya ..

gamat jelly said...

terimakasih ini sangat membantu saya ..

gamat said...

terimakasih gan informasinya sangat menarik ...
semoga makin naik terus website ini ...

ggold g said...

terimakasih gan informasinya sangat menarik ...
semoga makin naik terus website ini ...

mengobati jantung koroner said...

terimakasih gan informasinya sangat menarik ...
semoga makin naik terus website ini ...

Anonymous said...

ncie

jelly gamat said...

ncie

Hallo_ said...

good,.. ijin kopas ya,.. terima kasih infonya,. ini sangat membantu tugas saya,.

Unknown said...

Bila Anda membutuhkan jasa inspeksi - instalasi - dan perawatan tempat-tempat yang sulit dijangkau. Seperti menara komunikasi, cerobong, konstruksi jembatan, maupun rig lepas pantai. Dengan teknik Rope Acces bisa menjangkau kemanapun, terbukti aman, efisien dalam waktu dan biaya.

http://karashighreach.blogspot.com/

Unknown said...

THANK YOU , YOU BLOG IS WONDERFUL

WWW.TOPHOMESPOT.BLOGSPOT.COM

obat kista said...

Mantap, informasi yang sangat bermanfaat

obat herbal multikhasiat said...

wah kapan nih indonesia membangun bangunan tertinggi di dunia..?kaya nya ga mungkin deh...! he

makasih bnyak gan atas info nya...! sangat bermanfaat...!

Adi said...

Ngeri liatnya. itu yg no 9 kalo roboh gimana ya?

obat asam urat tradisional said...

Waduh, pada tinggi tinggi aku takut dari ketinggian .

Obat Herbal Asam Urat said...

orang timur tengah doyan menghamburkan uang

jelly gamat said...

sajian informasinya sungguh interaktif dan teraktul semoga bermanfaat untuk semuanya

jelly gamat said...

Thanks you . Your words makes me feel so good today. Grettings

obat asam urat said...

thanks, beritanya sudah saya baca..ternya bermanfaat buat saya umumnya semua pengunjung blog..
salam sukses ya :)

obat kista said...

Thanks you article for your indonesian words. If do you think this is a hit, perfect. It's your opinion. Too sweet for me

pengobatan darah tinggi said...

met sore.. selamat menjelang ibadah sholat ashar.. thanks for you

Asep aja said...

Sm0ga suatu saat nanti Indonesia bisa membuat salah satu gedung tertinggi dan termodern di dunia.

khasiat kulit manggis said...

Good evening, the story was fitted to be listened to. may be useful for visitors

obat vitiligo said...

terima kasih karena telah memberi saya berita terbaru dan semua pembaca situs ini ... salam sukses

jamu kuat said...

met malem.. kami baru berkunjung ni, mantep sekali beritanya. salam sukses. he

obat jelly gamat said...

saya senang membaca artikel ini, menyajikan berita yang baik dan bermanfaat buat saya..
terimakasih
salam sukses

Info Training TMC Bandung said...

nice infonya nih
www.titianmc.co.id
infoahlik3.wordpress.com

obat penyakit diabetes said...

salam kenal
ikut berkunjung saja pak..
informasinya baik dan menambah pengetahuan buat saya.. terimakasih ya

Obat asam urat said...

beritanya bermanfaat dan baik untuk di simak.. semoga lancar dan mendapatkan berkah kepada punya web ini..
salam kenal, sukses pa

Unknown said...

ijin copas sodara,...

mantau said...

indonesia gak ada ya bro, katanya mau buat juga, nanti jadi no 5 :D

Obat Herbal Stroke said...

nice infonya..

obat jantung bocor said...

iya benar,, sudah saya baca artikelnya.. bermanfaat dan interaktif.
thanks

obat darah tinggi said...

iya benar juga. Terimakasih beritanya dan sudah saya simak sangat baik artikelnya

obat wasir said...

kunjungan siang nih..

obat batu ginjal said...

sangat kreatif dan inovatif saya juga termotifasi akan hal ini menjadi sesuatu pencerahan baru

obat asam urat dan kolesterol tinggi said...

kak, bagaimana ya menggemukan badan.. kurus ni . he
makasih

cara mengobati penyakit maag kronis said...

selamat malam, informasi menarik..

obat kanker payudara said...

siang, info keren danmenarik nih.

obat nyeri sendi said...

Thanks you, I've been able to comment here

Obat impotensi said...

indonesia ada ga ya?

obat alami asam urat said...

informasi menarik sangat bermanfaat sekali..

Obat Alternatif Parkinson said...

kunjungan siang bro
http://goo.gl/L84Jr

Penyakit Kelenjar Getah Bening said...

sip
http://goo.gl/plVwr

Obat Alternatif Pneumoni said...

tks sudah berbagi
http://goo.gl/hpNke

Herpes said...

top markotop

Obat Leukimia said...

salam sehat

Obat Herbal Batu Ginjal said...

mantap

obat penyakit kanker serviks said...

terimakasih banyak infonya menarik banget,,

obat radang tenggorokan said...

info menarik salam hangat

obat kanker payudara said...

kunjungan pagi salam kenal dan salam sehat..

ace maxs said...

info menarik luar biasa sekali nih..

obat herbal asam urat said...

kunjungan siang, infonya menarik banget

obat darah tinggi herbal said...

informasinya sangat inovatif sekali, senang berkunjung dihalaman anda..

obat darah tinggi said...

oh gituh ya.. oke pa terimakasih telah ngasih kabar kepada saya. he

obat diabetes said...

oh gituh ya.. oke pa terimakasih

ayla olshop said...

ijin kopas gan

ayla olshop said...
This comment has been removed by the author.
FaryshaRyzal said...

mnra berkmbr ptrns adlh kbggaan mlysia...aku ank mlysia....

Unknown said...

Artikel yang bagus, sangat membantu

untuk berita Motor Mobil Otomotif

Unknown said...

wah, makasih untuk wawasannya, i like this site. :)
Visit back, please. :)

Unknown said...

waah infonya keren2, kunjungi blog saya juga ya gan :)) makasih check it in http://lingkarberjaring.blogspot.com/

Template Booklet Company Profile said...

keren gan super sekali :D

farhan said...

mantap gan.. di tunggu kunjungan baliknya

blog kesehatan said...

Terima Kasih banyak sekali :
Fungsi Protein
Khasiat Daun Sukun
Khasiat Jagung
Budidaya Bayam

obat herbal hiv aids said...

Thank you so much for all the info, greetings successful ..
http://goo.gl/4NLscu

nature indonesia said...

terima kasih banyak yah sobb tentang infonya, dan salam bloggers...
http://nature-indonesia.com/

obat tradisional penyakit maag kronis said...

terima kasih banyak yah sobb tentang infonya, dan salam bloggers...

http://nature-indonesia.com/obat-tradisional-penyakit-maag-kronis/

obat herbal mani encer said...

goo.gl/su0ebq

obat herbal alergi said...

Terima kasih banyak atas semua infonya..
http://goo.gl/5zJIpW

obat herbal alergi said...

Terima kasih banyak atas semua infonya..
http://goo.gl/5zJIpW

Unknown said...

mantap mas artikel nya

silahkan kunjungi balik kalau berkenan:
http://ayokepo.blogspot.com/
atau
http://eka-designs.blogspot.com/

Jual Obat Sipilis said...

Obat Sipilis,jual Obat Sipilis,Cari Obat Sipilis,Obat Sipilis Tradisional,Obat sipilis herbal,Obat sipilis manjur,Obat sipilis alami,Obat sipilis pada pria,Obat sipilis Resep dokter,Pengobatan penyakit sipilis yang ampuh

Unknown said...

monas termasuk gak gan?

german news
grosir fc
k-princess weebly
kamar 013
suara k-princess

Anonymous said...

Sempurna gan .. .. salam gan ukim dari jawa timur

awann said...

Luar biasaaa, kapan kita punya??? tapi serem juga nanti sudah bangun tinggi2 ehh ada gempa.. hancurr dehhh.. mending yng biasa2 aja tapi aman dan nyaman.. betul ndak min??

OBAT TRADISIONAL EJAKULASI DINI said...

Infonya sangat bermanfaat sekali, makasih banyak.. http://goo.gl/RQsc11

Unknown said...

izin copas dan linknya..trims

Timotius Joso said...

Ini data yang jadul bro, sekarang udah ada gedung2 baru

Timotius Joso said...

musti diupdate lagi nih infonya...., sekarang gedung tertinggi ke 2 di dunia adalah Shanghai Tower , terus masih banyak lagi gedung2 yang masuk ajajran 10 gedung tertinggi, ini data lama bro

Unknown said...

KAMI SEKELUARGA TAK LUPA MENGUCAPKAN PUJI SYUKUR KEPADA ALLAH S,W,T
dan terima kasih banyak kepada AKI atas nomor togel.nya yang AKI
berikan 4 angka [9509] alhamdulillah ternyata itu benar2 tembus AKI.
dan alhamdulillah sekarang saya bisa melunasi semua utan2 saya yang
ada sama tetangga.dan juga BANK BRI dan bukan hanya itu AKI. insya
allah saya akan coba untuk membuka usaha sendiri demi mencukupi
kebutuhan keluarga saya sehari-hari itu semua berkat bantuan AKI..
sekali lagi makasih banyak ya AKI… bagi saudara yang suka main togel
yang ingin merubah nasib seperti saya silahkan hubungi KI JAYA WARSITO,,di no (((085-342-064-735)))
insya allah anda bisa seperti saya…menang togel 350 JUTA , wassalam.


dijamin 100% jebol saya sudah buktikan...sendiri....







Apakah anda termasuk dalam kategori di bawah ini !!!!


1"Dikejar-kejar hutang

2"Selaluh kalah dalam bermain togel

3"Barang berharga anda udah habis terjual Buat judi togel


4"Anda udah kemana-mana tapi tidak menghasilkan solusi yg tepat


5"Udah banyak Dukun togel yang kamu tempati minta angka jitunya
tapi tidak ada satupun yang berhasil..







Solusi yang tepat jangan anda putus asah... KI JAYA WARSITO akan membantu
anda semua dengan Angka ritual/GHOIB:
butuh angka togel 2D ,3D, 4D SGP / HKG / MALAYSIA / TOTO MAGNUM / dijamin
100% jebol
Apabila ada waktu
silahkan Hub: KI JAYA WARSITO DI NO: [[[085-342-064-735]]]


ANGKA RITUAL: TOTO/MAGNUM 4D/5D/6D


ANGKA RITUAL: HONGKONG 2D/3D/4D/



ANGKA RITUAL; KUDA LARI 2D/3D/4D/



ANGKA RITUAL; SINGAPUR 2D/3D/4D/



ANGKA RITUAL; TAIWAN,THAILAND



ANGKA RITUAL: SIDNEY 2D/3D/4D/



DAN PESUGIHAN TUYUL

Alfarokh said...
This comment has been removed by the author.
Jadwal KRL Agustus 2015 said...

tingi-tingi sekali gedungnya

Vegan vigi said...

cara mendapatkan uang lewat internet
gambar animasi bbm

idola baru dari masa depan

alat musik baru
10 genre musik unik dan aneh di dunia

idola dari masa depan
alat untuk mencari keyword gratis



Manfaat dan khasiat jeruk nipis untuk kesehatan

cara melangsingkan badan dengan jeruk nipis


jeruk nipis untuk mengobati jerawat
jeruk nipis untuk obat batuk

jeruk nipis sebagai penurun kolesterol

cara meghitamkan rambut dan merawat rambut denganjeruk nipis

17 Manfaat jambu biji untuk kesehtan
Manfaat daun jambu biji
apa manfaat jambu biji
Manfaat jambu biji untuk diet
Manfaat minyak kelapa untuk rambut
apa manfaat jambu biji?
manfaat minyak kelapa untuk rambut

cara mendapatkan laptop gratis an pulsa gratis dari baidu
50 daftar sosial bookmark
10 hal yang wanita benci dari pasangannya
10 tanda tanda wanita jatuh cinta
tanda tanda wanita jatuh cinta

terimakasih




Agen Pulsa Online said...

Terima kasih banyak atas semua infonya..

Pengetahuan Umum said...

Info yang sangat menarik sob, izin share !

Dapur Palma - Kumpulan Resep Masakan Nusantara dan Mancanegara said...

waduh, ada yang tingginya hampir 1 kilo gan.
yang bikin w penasaran, itu kasian juga yaa OB nya ngepel, ngebersihin gedung tinggi gitu, pasti banyak OB nya.. hhe

MY BLOGGER said...

Terima kasih informasinya,semoga bermanfaat ya sob
merawat rambut kering dan mengembang
teka-teki lucu
Pasir menelan hutan jadi gurun
Penyebab bau mulut
Artis hollywood memakai hijab
Salam sukses sob semoga sehat selalu

diana said...

artikelnya menarik ,terima kasih

obat jelly gamat said...

Website Jelly Gamat
Obat Infeksi Lambung Pada Anak
Obat Infeksi Paru Paru Akut
Obat Demam Kelenjar Pada Anak
Obat Luka Infeksi Bakteri Dan Jamur
Pengobatan Radang Gusi Pada Anak
Pengobatan Radang Payudara Ibu Menyusui
Obat Infeksi Usus Pada Anak
Cara Mengobati Infeksi Usus Pada Anak
Terapi Pengobatan Patah Tulang Alami
Terapi Pengobatan Penyakit Maag
Pengobatan radang lambung ibu hamil

Anonymous said...

mantab bang...
Jual Senapan Angin Gejluk Mini Dual Power PCP
Jual Senapan Angin Gejluk Dual Power PCP

Jual Senapan Gejluk Pare Terbaru Harga Murah



Pusat Grosir toko Senapan Angin Pare

Senapan Gejluk Pare Shooter Air RIfle


Jual Senapan Gejluk Pare Kediri Murah

Jual Senapan Angin PCP Harga Murah di Sorong

danivpedia said...

update lg gan beria uniknya
Tempat Berbagi Ilmu Tips Dan Trik
http://goo.gl/qt4kEj

Portal Lowongan Kerja Indonesia said...

nice share,, yang pertama sangat keren

cara memutihkan kulit said...

Numpang Promo said...

Selain tinggi gedungnya pun sangat indah.

Clara Indah said...

Mantap Gan Artikelnya gan..

Kuliner Indonesia said...

I am very glad to read such a great blog and thank you for sharing this good info with us
Semut Jepang

filehippo said...

ok, terimakasih

Unknown said...

Great to see that someone still understand how to create an awesome blog.
The blog is genuinely impressive in all aspects.
Great blog.
judi poker

Marc said...

I found your web site via Google whilst searching
for a similar subject, your website came up, it looks good.
I’ve bookmarked it in my google bookmarks.

Filepuma

Unknown said...

شركة كشف تسربات المياه بالقطيف
شركة كشف تسربات المياه بالاحساء
شركة كشف تسربات المياه بالجبيل
شركة كشف تسربات المياه بالخبر
شركة مكافحة النمل الابيض بالاحساء
شركة مكافحة النمل الابيض بالجبيل
شركة مكافحة النمل الابيض بالخبر
شركة مكافحة النمل الابيض بالقطيف
شركة مكافحة النمل الابيض بالدمام
شركة تسليك مجارى بالدمام

Elah bali said...

DULUNYA AKU TIDAK PERCAYA SAMA BANTUAN DARI
PERAMAL TOGEL,TAPI SEKARANG AKU SUDAH PERCAYA
KARENA SAYA SUDA MEMBUKTIKA SENDIRI.KARNA ANGKA
YG DIBERIKAN 4D 9922 BENAR2 TEMBUS 100% ALHAMBUHLILLAH
DPT 450 JUTA.DAN SAYA SELAKU PEMAIN TOGEL,DAN KEPERCAYAAN
ITU ADALAH SUATU KEMENANGAN DAN SAAT SKRAG SY TEMUKAN
ORANG YG BISA MENGELUARKAN ANGKA2 GAIB YAITU AKI atau kilk di SI INI BOCORAN TOGEL HRI INI 2D 3D 4D 5D 6D MANGKUBONO
JIKA ANDA YAKIN DAN PERCAYA NAMANYA ANGKA GOIB ANDA BISA
HUBUNGI LANSUNG AKI. DI NOMOR INI [[[ 085 203 333 887 ]]] SAYA
SUDAH BUKTIKAN SENDIRI ANGKA GOIBNYA DEMI KEYAKINAN ANDA tanpa meminta imbalan apa pun. Ada Beberapa Jenis Pesugihan Yang Bisa Mbah Berikan Sebagai Berikut;
* Pesugihan Uang Gaib
* Pesugihan Dana Gaib
* Pesugihan Dana Hibah
* Pesuggihan Bank Gaib
* Pesugihan Atm Gaib
* Pesugihan Uang Balik
* Pesugihan Uang Asma
* Pesugihan Tuyul
* Pesugihan Nikah Jin
* Pesugihan Jual Janin
* Pesugihan Togel Dll..
kalau Ada Salah Satu Pesugihan Terbukti Nyata Bapak Haji Yang Anda Inginkan/Berminat Hubungi aki Di Nomor Hp ; 085203333887 DisiniII SEMOGA ANDA BISA SEPERTI SAYA SEKELUARGA

Pak wendi said...

Awalnya aku hanya mencoba main togel akibat adanya hutang yang sangat banyak dan akhirnya aku buka internet mencari aki yang bisa membantu orang akhirnya di situ lah aku bisa meliat nmor nya AKI NAWE terus aku berpikir aku harus hubungi AKI NAWE meskipun itu dilarang agama ,apa boleh buat nasip sudah jadi bubur,dan akhirnya aku menemukan seorang aki.ternyata alhamdulillah AKI NAWE bisa membantu saya juga dan aku dapat mengubah hidup yang jauh lebih baik berkat bantuan AKI NAWE dgn waktu yang singkat aku sudah membuktikan namanya keajaiban satu hari bisa merubah hidup ,kita yang penting kita tdk boleh putus hasa dan harus berusaha insya allah kita pasti meliat hasil nya sendiri. siapa tau anda berminat silakan hubungi AKI NAWE Di Nmr 085--->"218--->"379--->''259

ibu wulan said...


AssalamuAlaikum wr"wb Allahu Akbar-Allahu Akbar allah mahabesar.
Kenalkan saya IBU ULAN TKI membernya yang kemarin aki brikan nmr 4D
asal dari kota MEDAN, jadi tki di SINGAPUR, mau mengucapkan banyak2
trimakasih kepada KI PALAH yg sdh membantu kami sekeluarga melalui
nmr TOGEL SINGAPUR 4D Keluar hari rabu kemarin
allahamdulillah benar-benar kluar akhirnya dapat BLT Rp.500jt,
sesuai niat kami kemarin KI, klo sdh jackpot, kami
mau pulan kampung buka usaha & berhenti jadi TKI, TKW,
cepek jadi prantauan aki kerena sdh 15 tahun
jadi tkw nga ada perkembangan, jangankan dibilang
sukses buat kirim ke Kampung pun buat keluarga susah KI,
malu KI ama kluarga pulang nga bawah apa2, kita disini hanya
dpt siksaan dari majikan terkadan gaji tdk dikasih, jadi sekali
lagi trimakasih byk buat aki sdh membantu kami, saya tdk bakal l
upa seumur hidup saya atas batuan & budi baik KI PALAH terhadap kami.
Buat sahabat2 tki & tkw yg dilandai masalah/ingin
pulang kampung tdk ada ongkos, dan keadaannya sdh kepepet
tdk ada pilihan lain lg. jangan putus asa, disini kami sdh
temukan solusi yg tepat akurat & trpercaya banyak yg akui ke
ahliannya di teman2 facebook dengan jaminan tdk bakal kecewa,
jelas trasa bedahnya dengan AKI-AKI yang lain, sdh berapa org yg kami
telpon sebelum KI PALAH semuanya nihil, hanya menambah beban, nga kaya
KI PALAH kmi kenal lewat teman facebook sdh terbukti membantu
ratusan tki & tkw termasuk kami yg dibrikan motipasi sangat besar,
demi allah s.w.t ini kisah nyata kami yg tak terlupakan dalam hidup kami AKI,
sekali lagi trimakasih byk sdh membantu kami,skrg kami sdh bisa pulang
dengan membawa hasil.
Jika sahabat2 merasakan hal yang sama dengan kami.
silahkan Hubungi KI PALAH siapa cepat dia dapat,
TERBATASI penerimaan member...wajib 9 member bisa diterimah
dlm 3x putaran.Hubungi 0823 8831 6351 atau kunjungi situs beliau dengan cara klik
>>>>KLIK DI SINI<<<<

jual obat aborsi bekasi said...



This blog is a great source of information which is very useful for me.

jual obat aborsi malang

jual obat aborsi bekasi

jual obat aborsi palembang

jual obat aborsi pekanbaru

jual obat aborsi makassar

jual obat aborsi bandung

jual obat aborsi


-Can be very slow but shows all backlinks along with their PR, Anchor and if it's a Nofollow

Unknown said...

Thank you The information you submit is very useful, waiting for the next update which is more interesting thanks
http://www.gadispoker.com/

Titan Gel asli said...

nice blog

daun bungkus papua said...

joss gandos

خدمات منزليه said...

شركة الصفرات لمكافحة الحشرات بالرياض
شركة الصفرات لرش المبيدات بالرياض

Anonymous said...

I for all time emailed this weblog post page to all my friends, since if like to read it next my links will too.

Sarah Windartie said...

saat ini segera di bangun gedung setinggi 157 lantai di Jeddah, Arab Saudi yang diberi nama Jeddah Tower. Sangat luar biasa perkembangan real estate saat ini.

Aquatic 123 said...

Thanks for info, jangan lupa kunjungi website kami https://bit.ly/2zrkoBI

Unknown said...

Thanks for info, jangan lupa kunjungi website kami https://bit.ly/2z5rD2S

Unknown said...

Terimakasih infonya

https://bit.ly/2ylC3uW

Konveksi jaket sidoarjo said...

Bagimanakah hasil dari konveksi jaket sidoarjo?

Dirandra said...

Burj Khalifa impian banget pengen kesana semoga kesampaian. Masuk gedung tertinggi di dunia asik bangett. Mampir juga ke sini ya skincare remaja