Warga Kampung ini Berjari tiga


       Sebuah kampung yang kebanyakan warganya cacat ditemukan di Dusun Ulutaue, Desa Mario Kecamatan Mare, Kabupaten Bone,Sulawesi Selatan.Hampir semua penduduknya mengalami kelainan fisik,yakni hanya berjari tiga, baik kaki maupun tangan. Kelainan ini dialami warga mulai dari yang berusia bayi hingga lanjut usia.

      Salah seorang sesepuh kampung yang ditemui Kompas.com , Minggu(11/3/2012), mengatakan,kelainan fisik itu sudah terjadi turun-temurun.Mereka bahkan sudah pasrah karena meyakini bahwa yang mereka alami itu sudah digariskan oleh nenek moyang."Ini sudah keturunan, mulai dari nenek kami begini semua. Keturunan kami yang lahir pasti begini semua.Walaupun ada yang normal,tetapi kalau ada anaknya,begini juga tangannya," kata Umbang, sesepuh kampung tersebut.
     Di tengah keterbatasan itu mereka tetap menjalani kegiatan sehari-hari sebagai nelayan. Sebagian besar dari mereka hidup miskin.Mereka juga cenderung menutup diri dari dunia luar.
Mereka mengaku selama ini tidak mendapat perhatian dari pemerintah setempat.Belum ada layanan kesehatan, apalagi penelitian medis terkait kondisi turun-temurun yang mereka alami itu.
Kurangnya perhatian itu dikeluhkan warga. "Kalau memang mau, mestinya pemerintah datang menyembuhkan kami.Katanya ini penyakit gen,tetapi mana buktinya sampai sekarang mereka tidak datang perhatikan kami,"
kata Ahmad, warga setempat.

Sumber kompas.com

OLIGODACTILY
       Adalah sebuah kondisi di mana seseorang menderita kecacatan memiliki jari tangan kurang dari lima,kadang kondisi tersebut di sebut juga sebagai ectrodactyly atau bahasa awamnya seperti capit karna hanya ada dua jari di tangan umunya jempol dan kelingking.

      Meskipun tangan dan kakinya tidak normal namun para penderita dapat nelakukan pekerjaan sehari-hari tanpa kesulitan bahkan mereka sangat baik dan terampil dalam menulis,menyetir atau pekerjaan kriya.
Kelainan ini biasanya menimpa satu kampung,selain dusun ulutaue di ketahui Oligadactyly menimpa masyarakat Wadoma Zimbabwe.

Sumber:Wikipedia

1 comment:

Handayani said...

Saya ingin berbagi cerita kepada anda bahwa saya ini HANDAYANI seorang TKW dari malaysia dan secara tidak sengaja saya buka internet dan saya melihat komentar IBU DARNA yg dari singapur tentan AKI SYHE MAULANA yg telah membantu dia menjadi sukses dan akhirnya saya juga mencoba menghubungi beliau dan alhamdulillah beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor toto 6D dr hasil ritual/ghaib dan alhamdulillah itu betul-betul terbukti tembus dan menang RM.230.000 Ringgit ,kini saya kembali indon membeli rumah dan kereta walaupun sy Cuma pembantu rumah tanggah di selangor malaysia , sy sangat berterimakasih kepada AKI SYHE MAULANA dan tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui AKI MAULANA saya juga sudah bisa sesukses ini. Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, ini adalah kisah nyata dari seorang TKW, Untuk yg punya mustika bisa juga di kerjakan narik uang karna AKI MAULANA adalah guru spiritual terkenal di indonesia. jika anda ingin seperti saya silahkan kunjungi situs/website AKI MAULANA ~>KLIK DISINI<~  yg punya rum terimakasih atas tumpangannya.