10 Penyebab Perang Dunia 1

PERANG DUNIA SATU
       Pembunuhan Archduke Franz Ferdinand sering dianggap sebagai penyebab atau alasan peperangan terjadi.
Namun sebenarnya banyak sekali faktor penyebab terjadi Perang Dunia 1.Terutama terletak pada ketidakseimbangan politik di Eropa pada masa itu yang menumbuhkan persaingan tidak sehat.sehingga kompleksitas persaingan itu membuat eropa terkotak-kotak,atau negara-negara di eropa membuat kubu-kubuan(Aliansi) yang membuat persaingan makin menajam.
Di sini khabuka berusaha merangkum semua penyebab perang menjadi 10 penyebab Perang Dunia 1:

1. Pertentangan antar negara-negara Eropa
   khususnya Pertentangan Inggris – Jerman terutama Masalah industri. Seperti diketahui bahwa Inggris pada masa itu begitu menguasai bidang industri di kawasan itu,apalagi bila di bandingkan dengan Jerman,Inggris lebih telah berada di depan Jerman.
Karena ingin menyaingi Inggris,Jerman lalu membuat produk yang mirip dengan produk Inggris dan menjualnya di tempat Inggris menjual.Jerman menjual barang-barang yang mirip dengan barang dari Inggris itu tentu dengan harga yang lebih murah,hingga membuat Inggris merugi,saat itu masyarakat tidak tahu bahwa barang yang ada di pasar adalah barang dari Jerman(tentunya pada saat itu masyarakat akan memilih barang dari Inggris karena nama,mutu dan kwalitas).lalu Inggris menarik semua barang mereka sendiri dari pasar dan melabelinya(di kasih tanda bahwa itu barang dari inggris)lalu melemparkannya lagi ke pasar.di sini jerman merugi,lalu Jerman menjual barang dengan harga lebih murah dari Inggris.dan Inggris pun berbuat demikian.begitu seterusnya sehingga persaingan itu menumbuhkan dendam yang kelak akan menambah warna perang Dunia 1.

2. Persaingan Angkatan Laut.
       Pada masa itu memang Jerman hebat untuk Angkatan Daratnya, tetapi lemah di Angkatan laut
Karena sadar bahwa Inggris kuat dalam Angkatan lautnya,Jerman dengan ambisi untuk menyaingi Inggris rela mengeluarkan dana lebih besar demi memperkuat Angkatan lautnya.

3. (Imperialis)perebutan daerah jajahan.
      Pada masa itu di antara negara-negara maju eropa mungkin hanya Jerman yang belum mempunyai negara jajahan,Maka Jerman berusaha merebut daerah kekuasaan atau daerah jajahan negara lain.dengan cara membantu negara yang terjajah tersebut.Sehingga diharapkan mereka akan‘membalas budi’ pada Jerman.
Di antaranya Jerman membantu Quwait(jajahan Inggris)dengan cara membuat rel kereta api Konstantinopel – Baghdad,Lalu membantu Maroko yang merupakan jajahan Inggris lainnya.Jerman juga memancing emosi negara-negara lainnya(negara maju di eropa selain Inggris)dengan manuver-manuver politiknya.

3. Pertentangan Perancis – Jerman
       Pertentangan ini diawalli oleh Jerman yang tiba-tiba mengklaim daerah perbatasan Perancis(sungai Rhein) sebagai miliknya. Perancis tidak tinggal diam,karena daerah tersebut merupakan daerah industri.Sehingga pada tahun1870 terjadilah perang.
Namun tak disangka Jerman bisa menumbangkan Prancis di dalam perang ini yang notabene Prancis negara
kuat pada masa itu. Lalu mereka membuat Perjanjian Perdamaian(tahun 1871) yang isinya :
- Perancis harus menyerahkan Elzas–Lotharigen.
- Perancis harus mengganti kerugian perang.
       Setelah perang usai Jerman masih terus saja menekan prancis dengan cara memblokade negara-negara yang ingin berjualan di Perancis,Jerman membeli barang-barangnya dengan harga yang lebih tinggi dibanding Perancis.Hingga membuat Perancis semakin geram.Sehingga melupakan sejenak masalahnya dengan Inggris dan  mengajak kerja sama untuk melawan Jerman.

4. Pertentangan Austria – Rusia.
      Rusia pada waktu itu sedang menjalankan politik warm water.dan Rusia menganggap bahwa Austria menghambatnya,sedangkan Austria menganggap Rusia menghambatnya dalam mempersatukan wilayah sekitar semenanjung Balkan yang dipimpin oleh Rusia.Sehingga perangpun terjadi tanpa bisa di elakan lagi.

5. Pertentangan Rusia- Turki.
      Pada saat itu Rusia menginginkan semenanjung Balkan menjadi wilayahnya,padahal pada saat itu semenanjung balkan masih dipegang oleh Turki.

6. Pertentangan Austria–Serbia
       Austria berusaha mempersatukan negara-negara di wilayah Balkan,dibawah kepemimpinannya.Serbia yang merupakan salah satu negara di wilayah Balkan, tidak mau ditaklukan. Maka mereka membuat
Gerakan Serbia Raya yakni dengan berusaha mempersatukan Slavia Selatan di bawah pimpipnan Serbia.agar tidak di rebut Austria,dan hal itu membuat Austria geram,maka perangpun tak terelakan lagi.

7. Persekutuan di Negara-negara Eropa.
     Pada masa itu(tahun 1880an)Politik di Eropa begitu bergejolak,yang menimbulkan rasa saling curiga dan ketakutan yang berlebihan(takut di serang mendadak oleh musuh).Oleh karena sebab-sebab ketakutan yang berlebihan itu maka Negara-negara di eropa terutama negara-negara beepengaruh) saling mencari teman dan terbentuklah kubu-kubu atau Aliansi diantara negara-negara eropa,diantaranya Aliansi triple (terbentuk tahun 1882)yang beranggotakan Jerman,Italia, dan Austria.
Kemudian Tripple Etonte terbentuk tahun 1907 yang beranggotakan Inggris,Perancis dan Rusia.
Aliansi-aliansi itu terbentuk karna oleh rasa ketakutan dan ambisi untuk saling menguasai,dan prinsip Aliansi itu sendiri Akan saling membantu dengan semua anggota,bahkan bila satu negara berperang berarti itu peperangan semua anggota.''Perang satu perang semua''.

8. Perlombaan Senjata.
  Karena telah tumbuh rasa curiga yang amat sangat di antara Negara-negara eropa,selain terbentuknya Aliansi Juga terciptanya produksi Senjata yang berlebihan(hingga perekonomian sedikit terbengkalai),mereka berlomba saling unjuk kekuatan dengan cara uji coba senjata,dan mereka juga selalu mempersenjatai diri mereka sendiri,dengan memposisikan diri seakan-akan siap untuk berperang dengan senjata-senjata hebat produksi mereka.

9. pembunuhan putra mahkota Austria, Franz Ferdinand.
      Pada tanggal 28 Juni 1914 putra mahkota Austria Franz Ferdinand di bunuh oleh seorang mahasiswa Serbia bernama Principe, saat melihat latihan perang di Serajevo,Bosnia.
Principe menganggap bahwa latihan perang tentara Austria di Bosnia adalah pelecehan terhadap Serbia.Bosnia sendiri adalah negara sengketa antara Austria dan Serbia.
Kemudian Austria memberi ultimatum Serbia jika Principe tidak diserahkan (ke Austria) dalam waktu satu bulan,maka Austria akan menyerang Serbia.
Serbia yang melindungi warga negaranya,tidak mau menyerahkan Principe.Serbia berani menentang Austria karena Rusia berjanji akan membantu Serbia jika Serbia diserang Austria.
Maka pada tanggal 28 Juli 1914 Austria menyerang Serbia.

10.Ikut campur Negara-negara eropa pada perang Serbia-Austria.
(Setelah Ultimatum dari Austria pada Serbia tidak di gubris oleh Serbia Maka habislah kesabaran Austria dengan segera menyerang Serbia).
       Austria yang merupakan anggota Tripple Alliansi, maka dengan dibantunya Serbia oleh Rusia,berarti (secara tak langsung) Rusia juga menyerang Austria, Italia dan Jerman(Tripple Alliansi).
Pada tanggal 1 Agustus 1914 Jerman menyerang Rusia.Karena Rusia anggota Tripple Etonte, maka berarti Jerman menyerang anggota Tripple Etonte yang lainnya yaitu Inggris dan Perancis.
 Perancis yang akhirnya punya kesempatan untuk membalaskan dendam pada Jerman dan tak menyianyiakan kesempatan ini.Pada tanggal 3 Agustus 1914 Perancis menyerang Jerman.di susul Inggris pada tanggal 4 Agustus 1914.
Tak bisa di elakan lagi,aksi saling menyerang antar anggota Tripple (Alliansi dan Etonte),belum lagi urusan daerah jajahan masing-masing,dan perang terus menyebar makin luas hingga kelak perang itu di sebut Perang Dunia 1.

Artikel terkait:
Top 10
Fakta Unik
Opiniku

64 comments:

Eman Sudinta said...

Terima kasih atas postingannya

Anonymous said...

Belajarlah dari sejarah.

Anonymous said...

Terima kasih.. Saya bisa mengerjakan tugas saya ini..

Unknown said...

terimakasih atas postingan nya membantu saya mempelajari perang dunia 1 ini.

Unknown said...

terimaksih atas postingannya membantu saya mempelajari perang dunia pertama.tx

Unknown said...

makasih

Anonymous said...

terimakasih saya sekarang mengertiapa penyebab perang dunia 1

Anonymous said...

makasih infonya~

Idea

madjongke said...

Mudah-mudahan sudah tidak ada lagi perang sob. Rasanya sangat mengerika jika sampai perang dunia terjadi lagi

An Gin said...

perang selalu meninggalkan kerugian. damai indonesiaku

Anonymous said...

GAG BAGUS

Anonymous said...

alhamdulilah karna perang telah mambebaskan q dri pnjajah

Unknown said...

Terimah kasih atas postingnya

Sundawi said...

sejarah memang selalu menarik untuk disimak. :)

oia, ditunggu kedatangannya di blog ku ya,, dapetin info menarik dan kasih aku masukan supaya lbih baik lagi.. :)

sundawi

Agatha said...

perang selalu menimbulkan kekacauan dan misteri.....thx tuk tulisannya bro

Anonymous said...

Thanks bro. :))
Tapi apa bisa lebih di spesifikasi lagi? Soalnya kan ada penyebab umum dan khusus dari 10 penyebab perang ini.
Tapi udah bagus. Thanks :))

Kopi Manies said...

saya senang membaca artikel ini. karena saya suka sejarah. makasih teman jadi lebih jelas mengetahui tentang penyebab perang dunia 1

Sejarah Kopi Luwak

Anonymous said...

sumbernya dr mana bro?
tolong kasi dong sumbernya, thx :)

iaaan said...

sumbernya dr mana bro?
tolong kasi dong sumbernya, thx :)

Unknown said...

JAS MERAH (Bung Karno)Janagn sekali-sekali melupakan sejarah....

KLIK LINK INI said...

wah ternyata sangat tragis ya perang dunia ini

Unknown said...

Bisa minta tolong diberikan sumbernya? Terimakasih :)

Dunia genggam said...

jangan sampe lah gan ada perang lagi. Kalo di film emang keren banget tapi kalo dah ngalamin rasanya mending lebih baik bunuh diri. Peace aja dah

Obat asam urat said...

makasih banyak info nya gan ,,,,,,,,

Ilmu Dunia dan Akhirat said...

belajarlah dari sejarah..
jika 10 hal di atas bsa menyebabkan perang maka sebaiknya di hindari..bnyak ciri ciri di atas ada di abad 21 skrng...

Prasetya Utama said...

seru juga perangnya, Belgia dan Belanda Netral ya?

Unknown said...

Berarti Perang Dunia 1 cuma terjadi di Eropa aja ya ? :)

Aditya said...

infonhya sangat membantu saya sob:
di tunggu kunjungan balik : www.kriswahyoe.blogspot.com

Unknown said...

makasih banyak, semuanya pas banget sama yang ditugasin sama guru :)

kevin fernanda said...

thanks, postingan yang begini-gini nih yang sering di cari orang, sama itu kok emang saya yang salah liat apa penyebabnya emang ada 11?

Anonymous said...

gw maulana adi putra skolah 266 rumah gw di kebantenan

panbran os said...

postingan yang bermanfaat.Terimakasih sudah berbagi.

Observer Zone said...

tepat sekali, itu semua demi kekeuasaan.

Nandar said...

Duh jadi kangen...kapan ya perang dunia III di mulai..

Template Booklet Company Profile said...

kok yang ini gapernah dijelasin ya sama guruku

Unknown said...

bagus sekali infonya menambah wawasan saya akan perang dunia 1
republikazone.com

Putri's Note said...

Ohh ini toh penyebabnya, makasih ya infonya ! :)

Unknown said...

thx infonya sangat membantu

Anonymous said...

Makasih infonya. Jd selesei nih tugas

Jejaksiglinding said...

Dengan mengerti sejarah kita jd tau cikal bakal yg ada saat ini dan bs bljr dr sejarah tsb

Jejaksiglinding said...

Dengan mengerti sejarah kita jd tau cikal bakal yg ada saat ini dan bs bljr dr sejarah tsb

sasol said...

11 atau 10 ??
nmr 3 dobel cuy..

Jeram LIAR said...

Berarti awalnya memang dari negara2 eropa ya ternyata.

Anonymous said...

Bagus sekali penjelasannya, lengkap dan tidak berbelit. Terima kasih

rabit.com said...

maksh infonya, sangat membantu terimakasih

Unknown said...

terima kasih atas ilmunya yang bermanfaat,khususnya postingannya sangat luar biasa

Rezuvo said...

Postinganya gampang di cerna makasih.

Anonymous said...

baca lah artikel ini jika kalian ada ulangan IPS. dijamin kalian dapat nilai bagus deh

Unknown said...

Trimakasih kang postingannya, keren kang :-) :-) :-) sangat bermanfaat

Unknown said...

terima kasih banyak ilmu nya. sangat sangat bermanfaat dan jelas untuk menambah wawasan.

Anonymous said...

Cara belajar komputer dasar disini pasti bisa dan gratis karena kami tidak sekedar menjelaskan tentang awal saja melainkan benar – benar bisa menggunakan sistem operasi dengan sangat lancar. Pasti bingung kan? Apa itu sistem operasi? Hardware, software dan sebagainya, tenang saja nanti akan di kupas secara mendalam.

ttp://www.incaralaptop.blogspot.com

Theresa said...

Good job

Om Kumis said...

ga tau sih ini sejarahnya gmana, bener ngganya referensinya dari mana ngga dicantumkan soalnya

Unknown said...

شركة مكافحة حشرات بالدمام
شركة نقل عفش بالدمام
شركة كشف تسربات المياه بالدمام
شركة عزل اسطح بالدمام
شركة تنظيف بالخبر
شركة تنظيف بالقطيف
شركة تنظيف بالاحساء
شركة تنظيف بالجبيل
شركة مكافحة حشرات بالخبر


aguscs said...

Kalau membaca cerita tentang perang dahulu, bersyukur sekali sekarang bisa menikmati kehidupan dengan nyaman. Semoga indonesia tetap bisa membantu negara lain yang masih dalam kondisi perang.

Sewa Mobil said...

Semoga Indonesia tetap aman dan nyaman, karena perang akan membawa kondisi negara pada kesengsaraan. Kasihan warga sipilnya, terkadang menjadi korban.

Unknown said...

Terima Kasih atas postingannya. Sangat membantu saya dalam belajar dan mengerjakan tugas

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Nayya14 said...

Makasih kak udh membantu

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

Makasih kak, penjelasannya bikin ngerti, urutan kejadiannya juga runtut.

obat aborsi | obat penggugur kandungan | obat pelancar haid said...



cara menggugurkan kandungan


obat aborsi karawang


obat aborsi medan

obat aborsi tangerang


jual obat aborsi surabaya
-Can be very slow but shows all backlinks along with their PR, Anchor and if it's a Dofollow

انجين محمد said...

شركة مكافحة النمل الابيض بالاحساء 0578074829 الجوهرة كلين

شركة مكافحة النمل الابيض بالاحساء
النمل الأبيض من أكثر أنواع الحشرات التي تسبب الكثير من الأضرار للمكان الذي تتواجد فيه، حيث أن النمل الأبيض يتغذى على مادة السليلوز وهذه المادة موجودة في الكثير من الأدوات التي يستخدمها الإنسان في حياته، كما أن النمل الأبيض يتغذى على الطوب اللبن وبالتالي تتأثر المباني والمؤسسات بشكل ضار، لذلك قم أنت بالمبادرة للحفاظ على صحتك وعلى صحة أطفالك وعلى المكان الذي نعيش فيه من خلال التعامل مع شركة مكافحة النمل الأبيض بالاحساء فهي من أهم وأقوى الشركات عملاً في هذا المجال لذلك اتصلوا بنا الآن عبر أرقام الشركة أو أرسلوا رسالة عبر البريد الإلكتروني للشركة.

cindy said...

Masih Sering kalah main Poker Online?Ingin gampang menang? Masih Bingung Cari BO Poker Yang Aman & Terpercaya ??

Di sinilah tempatnya MEJAONLINE, Dengan Server IDN Yang Ternama Situs Taruhan Judi poker Paling Rekomendasi Banget Niih !!!

- BONUS PERDANA NEW MEMBER :
DEPO 50RB MENDAPATKAN 10RB
DEPO 100RB MENDAPATKAN 20RB
DEPO 250RB MENDAPATKAN 30RB
DEPO 500RB MENDAPATKAN 40RB
DEPO 1JUTA MENDAPATKAN 50RB

- BONUS TURNOVER 0.4% SETIAP HARI SENIN
- BONUS REFFERAL 20 % DI BAGIKAN SETIAP HARI KAMIS

- LINK DAFTAR : https://bit.ly/31eLqIv


INFO LEBIH LANJUT :

WhatsApp :+855-9-6459-4816
LINK : mejaonline01. com
LINK : mejaonline02. com


Poker Online Tercepat
Poker Online Terbaik
Ceme Online
Domino QQ
Poker Online Indonesia